Uncategorized

Desain Sistem Rancang Bangun Aplikasi Penggajian Karyawan Berdasarkan Uang Perjalanan Dinas – Part 3

A. JUDUL

RANCANG BANGUN APLIKASI PENGGAJIAN KARYAWAN BERDASARKAN UANG PERJALANAN DINAS PADA PT DBL INDONESIA

B. System Flow

  1. Hak Akses

Pada aplikasi penggajian karyawan terdapat proses hak akses agar aplikasi dapat dijalankan sistemnya. Pengguna memasukan NIK dan password kemudian sistem memeriksa, apakah NIK dan password yang telah dimasukkan benar atau salah. Jika salah maka pengguna harus melakukan proses login kembali, jika benar maka pengguna akan masuk ke halaman utama Aplikasi.

sys login

  1. Data master

Aplikasi ini memiliki 5 Master data yang nanti nya data- data tersebut dapat digunakan untuk proses transaksi perhitungan uang perjalanan dinas. Setelah Admin atau pengguna telah berhasil login, selanjutnya memilih menu data master, kemudian memilih data master yang ingin di kelola dalam tampilan form. Pengguna memasukkan data yang dibutuhkan kemudian disimpan, selanjutnya sistem akan memeriksa apakah data yang dimasukkan sebelumnya sudah ada. Jika data sudah ada maka akan menampilkan pesan data sudah ada. Jika belum ada maka data otomatis tersimpan dalam database, kemudia munsul pesan bahwa data berhasil disimpan dan data tersebut ditampilkan sebagai tanda bahwa data telah bena-benar tesimpan.

  1. Data Master karyawan

sys master kar

2. Data Master Jabatan

sys master jab

3. Data Master Kategori

sys master katg

  1. Data master jenis Event

sys master jen ev

  1. Data Ketentuan uang perjalanan dinas

sys master uang perdin

  1. Mengelola Transaksi perjalanan dinas

sys trans perdin

Pada proses ini pengguna/admin akan merekam data perjalanan dinas karyawan yang akan bertugas. Pengguna memilih menu ketentuan Perdin untuk dapat dilakukan kelola data perdin. Kemudia aplikasi akan menampilkan form yang berisi data perjalanan dinas yg sudah tercatat sebelumnya. Data perjalanan dinas yang baru dapat di masukkan ke untuk disimpan. kemudian system akan memeriksa apakah data yang dimasukkan sudah ada sebelumnya. Jika sudah ada maka akan menampilkan pesan bahwa data sudah ada. Jika belum ada maka data otomatis tersimpan dalam database, kemudia muncul pesan bahwa data berhasil disimpan dan data tersebut ditampilkan sebagai tanda bahwa data telah benar-benar tesimpan. Dari situlah pengguna akan mengetahui nominal uang perjalanan dinas karyawan yang akan bertugas.

  1. Mengelola Rekap Uang Perjalanan Dinas

trans rekap

  1. Data Flow Diagram

context

C. Entity Relationship Diagram

  1. Conceptual Data Model
    Conceptual Data ModelAplikasi penggajian karyawan berdasarkan uang perjalanan dinas pada PT DBL Indonesia, merupakan model struktur logis dari keseluruhan aplikasi data. CDM dibawah ini memiliki 15 entity yang saling terhubung. Adapun Conceptual Data Model tersebut digambarkan pada gambar berikut:

cdm

  1. Physical Data Model
    Physical Data Modeladalah representasi fisik dari database yang akan dibuat dengan mempertimbangkan DBMS yang akan digunakan. PDM Aplikasi penggajian karyawan berdasarkan uang perjalanan dinas pada PT DBL Indonesia memiliki 16 tabel yang digambarkan pada Gambar berikut:

pdm


Ditulis oleh Ulfa Noor Aisya
Email : ulfana96@gmail.com
DIII Manajemen Informatika (http://www.mi.stikom.edu)

Dosen Pembimbing : Titik Lusiani, M.Kom., OCP.
http://blog.stikom.edu/lusiani
http://titiklusiani.wordpress.com
http://www.stikom.edu

Leave a comment